Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Momentum Linear

Momentum Linier

$\vec{p} = m\vec{v} \quad \text{(linear momentum of a particle)}$

Laju waktu perubahan momentum sebuah partikel sama dengan gaya netto yang bekerja pada partikel dan searah dengan gaya tersebut.

$\vec{F}_{\text{net}} = \frac{d\vec{p}}{dt}$
$\vec{F}_{\text{net}} = \frac{d\vec{p}}{dt} = \frac{d}{dt}(m\vec{v}) = m\frac{d\vec{v}}{dt} = m\vec{a}$

Momentum Linier dari Sistem Partikel

$\vec{P} = \vec{p}_1 + \vec{p}_2 + \vec{p}_3 + \dots + \vec{p}_n$
$\vec{P} = m_1\vec{v}_1 + m_2\vec{v}_2 + m_3\vec{v}_3 + \dots + m_n\vec{v}_n$
$\vec{P} = M\vec{v}_{\text{com}}$

Momentum linier dari suatu sistem partikel sama dengan hasil kali total total massa M dari sistem dan kecepatan pusat massa.

$\frac{d\vec{P}}{dt} = M \frac{d\vec{v}_{\text{com}}}{dt} = M \vec{a}_{\text{com}}$
$\vec{F}_{\text{net}} = \frac{d\vec{P}}{dt}$

Tumbukan dan Impuls

Momentum benda seperti partikel tidak dapat berubah kecuali jika gaya eksternal mengubahnya.
Tumbukan Tunggal

  • Bola mengalami gaya yang berubah-ubah selama tumbukan dan mengubah momentum linier bola.
  • Perubahan terkait dengan gaya oleh hukum kedua Newton yang ditulis dalam bentuk $\vec{F}_{\text{net}} = \frac{d\vec{P}}{dt} \quad \implies \quad d\vec{P} = \vec{F}(t)\, dt$
$\vec{F}_{\text{net}} = \frac{d\vec{P}}{dt} \quad \implies \quad d\vec{P} = \vec{F}(t)\, dt$
$\int_{t_i}^{t_f} d\vec{P} = \int_{t_i}^{t_f} \vec{F}(t)\, dt \quad \implies \quad \vec{J}$
Impuls, besarnya dan lamanya gaya tumbukan
$\Delta \vec{P} = \vec{J}$
$p_{fx} - p_{ix} = \int_{t_i}^{t_f} F_x\, dt$




$\vec{J} = \int_{t_i}^{t_f} \vec{F}(t)\, dt$




J &= F_{\text{avg}} \Delta t

Rangkaian Tumbukan

  • Setiap tumbukan memberikan gaya terhadap tembok 
  • Gaya rata-rata $F_{avg}$ di dinding selama penembakan, yaitu gaya rata-rata selama sejumlah besar tumbukan. 
  • Setiap proyektil memiliki momentum 
  • Total perubahan momentum linier $n$ proyektil selama $\Delta t$ adalah $n \Delta \vec{p}$ 
  • Tumbukan $J$ pada target selama $\Delta t$ memiliki besaran yang sama
  • $m = \text{massa}$ 
  • $m\vec{v} = \text{Linier momentum}$ 
  • $n = \text{jumlah proyektil}$ 
  • $\Delta t = \text{interval waktu}$
$J = -n \Delta \vec{p}$

Gaya Rata-Rata

$J = F_{\text{avg}} \Delta t$
$J = -n \Delta \vec{p}$
$ F_{\text{avg}} = \frac{J}{\Delta t} = -\frac{n}{\Delta t} \Delta p = -\frac{n}{\Delta t} m \Delta v. $

Pada Keadaan Proyektil Berhenti Setelah Tumbukan 
  • Kecepatan akhir : $\vec{v}_f = 0$. 
  • Kecepatan awal : $\vec{v}_i = \vec{v}$.
Sehingga

$\Delta \vec{v} = \vec{v}_f - \vec{v}_i$
$\Delta \vec{v} = 0 - \vec{v}$
$\Delta \vec{v} = -\vec{v}$

Proyektil Memantul
  • Kecepatan akhir $\vec{v}_f = -\vec{v}$ (dengan asumsi kecepatan awal adalah $\vec{v}$ dan memantul ke arah berlawanan).
  • Kecepatan awal $\vec{v}_i = \vec{v}$.
$\Delta \vec{v} = \vec{v}_f - \vec{v}_i $
$\Delta \vec{v} = (-\vec{v}) - \vec{v}$
$\Delta \vec{v} = -2\vec{v}$

Contoh Soal

Gambar di samping adalah pandangan dari atas dari jalur yang diambil oleh pengemudi mobil balap saat mobilnya bertabrakan dengan dinding lintasan balap. Tepat sebelum tabrakan, ia bergerak dengan kecepatan $v_i$ = 70 m/s sepanjang garis lurus pada $30^circ$ dari dinding. Sesaat setelah tabrakan, ia bergerak dengan kecepatan $v_f$ = 50 m/s sepanjang garis lurus dengan sudut $10^circ$ dari dinding. Massanya m adalah 80 kg.

$\vec{P}_f - \vec{P}_i = \Delta \vec{P} \quad \implies \quad \Delta \vec{P} = \vec{J}$

Perubahan momentum benda sama dengan impuls pada benda tersebut

$\vec{P}_f - \vec{P}_i = \vec{J}$

  • Berapa impuls yang dialami pengemudi akibat tumbukan tersebut?
  • Tumbukan berlangsung selama 14 ms. Berapa besar gaya rata-rata pada pengemudi selama tumbukan?
1. Informasi yang Diketahui:
  • Massa mobil ($m$): 100 kg
  • Kecepatan awal ($v_i$): 75 m/s
  • Arah awal: $30^\circ$ terhadap dinding (sumbu-$x$)
  • Kecepatan akhir ($v_f$): 50 m/s
  • Arah akhir: $60^\circ$ terhadap dinding (sumbu-$x$)
2. Menghitung Komponen Kecepatan

Kita definisikan sumbu $x$ sejajar dengan dinding dan sumbu $y$ tegak lurus (normal) ke dinding.

A. Kecepatan Awal ($\vec{v}_i$)

Mobil berada di kuadran ke-3 (komponen $x$ negatif, komponen $y$ positif). Sudut $30^\circ$ adalah terhadap sumbu-$x$.

$$v_{ix} = -v_i \cos(30^\circ) = -75 \text{ m/s} \times \cos(30^\circ)$$
$$v_{ix} = -75 \text{ m/s} \times \frac{\sqrt{3}}{2} \approx -64.95 \text{ m/s}$$

$$v_{iy} = +v_i \sin(30^\circ) = +75 \text{ m/s} \times \sin(30^\circ)$$
$$v_{iy} = +75 \text{ m/s} \times \frac{1}{2} = +37.5 \text{ m/s}$$

B. Kecepatan Akhir ($\vec{v}_f$)

Mobil berada di kuadran ke-4 (komponen $x$ positif, komponen $y$ negatif). Sudut $10^\circ$ adalah terhadap sumbu-$y$ negatif. Oleh karena itu, sudut terhadap sumbu-$x$ positif adalah $\theta_f = 90^\circ - 10^\circ = 80^\circ$.

$$v_{fx} = +v_f \cos(80^\circ) = +50 \text{ m/s} \times \cos(80^\circ)$$
$$v_{fx} \approx +50 \text{ m/s} \times 0.1736 \approx +8.68 \text{ m/s}$$

$$v_{fy} = -v_f \sin(80^\circ) = -50 \text{ m/s} \times \sin(80^\circ)$$
$$v_{fy} \approx -50 \text{ m/s} \times 0.9848 \approx -49.24 \text{ m/s}$$

3. Menghitung Perubahan Momentum ($\Delta \vec{p}$)

Perubahan momentum adalah $\Delta \vec{p} = m(\vec{v}_f - \vec{v}_i)$.

$$\Delta p_x = 100 \text{ kg} \times (+8.68 \text{ m/s} - (-64.95 \text{ m/s}))$$
$$\Delta p_x = 100 \text{ kg} \times (8.68 \text{ m/s} + 64.95 \text{ m/s})$$
$$\Delta p_x = 100 \text{ kg} \times 73.63 \text{ m/s}$$
$$\Delta p_x = 7363 \text{ kg}\cdot\text{m/s}$$

A. Perubahan Momentum pada Sumbu $x$ ($\Delta p_x$)

$$\Delta p_x = m(v_{fx} - v_{ix})$$

B. Perubahan Momentum pada Sumbu $y$ ($\Delta p_y$)

$$\Delta p_y = m(v_{fy} - v_{iy})$$
$$\Delta p_y = 100 \text{ kg} \times (-49.24 \text{ m/s} - (+37.5 \text{ m/s}))$$
$$\Delta p_y = 100 \text{ kg} \times (-49.24 \text{ m/s} - 37.5 \text{ m/s})$$
$$\Delta p_y = 100 \text{ kg} \times (-86.74 \text{ m/s})$$
$$\Delta p_y = -8674 \text{ kg}\cdot\text{m/s}$$

4. Menghitung Impuls ($\vec{J}$)

Berdasarkan teorema impuls-momentum, impuls yang dialami mobil sama dengan perubahan momentumnya: $\vec{J} = \Delta \vec{p}$.

$$\vec{J} = \Delta \vec{p} = (7363 \hat{i} - 8674 \hat{j}) \text{ N}\cdot\text{s}$$

A. Magnitudo Impuls ($|\vec{J}|$)

$$|\vec{J}| = \sqrt{(\Delta p_x)^2 + (\Delta p_y)^2}$$
$$|\vec{J}| = \sqrt{(7363)^2 + (-8674)^2}$$
$$|\vec{J}| = \sqrt{54,213,810 + 75,238,680}$$
$$|\vec{J}| = \sqrt{129,452,490}$$
$$|\vec{J}| \approx 11,378 \text{ N}\cdot\text{s}$$

B. Arah Impuls ($\theta_J$)

Arah impuls diukur dari sumbu $x$ positif:

$$\theta_J = \arctan\left(\frac{\Delta p_y}{\Delta p_x}\right)$$
$$\theta_J = \arctan\left(\frac{-8674}{7363}\right)$$
$$\theta_J \approx \arctan(-1.178)$$
$$\theta_J \approx -49.7^\circ$$

Konservasi dari Momentum Linier

$\vec{F}_{\text{net}}$ eksternal yang bekerja pada suatu sistem partikel adalah nol, ketika sistem terisolasi
$\vec{F}_{\text{net}} = 0$
$\vec{P} = \text{constant}$ (closed, sistem terisolasi)

$$ \vec{F}_{\text{net}} = \frac{d\vec{P}}{dt}$$

Hukum Konservasi Momentum Linier


Jika tidak ada gaya eksternal bersih yang bekerja pada sistem partikel, maka momentum linier total dari sistem tidak dapat berubah.
$$ \vec{P}_i = \vec{P}_f $$
$$ (\text{total linear momentum at some initial time } t_i) = (\text{total linear momentum at some later time } t_f). $$

Contoh Soal

Gambar disamping menunjukkan sebuah modul pengangkut dan kargo antariksa, dengan massa total M, yang bergerak di sepanjang sumbu x di ruang angkasa. Keduanya memiliki kecepatan awal sebesar 2100 km/jam relatif terhadap Matahari. Dengan ledakan kecil, pengangkut mengeluarkan modul kargo yang bermassa 0,20 M. Hauler kemudian bergerak 500 km/jam lebih cepat daripada modul di sepanjang sumbu x. Kecepatan relative vrel antara modul dan Hauler adalah 500km/jam. Berapa kecepatan Hauler relatif terhadap Matahari?



1. Data yang Diketahui
  • Massa total sistem: $M$ 
  • Kecepatan awal sistem relatif terhadap Matahari: $v_i = 2100 \text{ km/jam}$ (ke arah $+x$)
  • Massa modul kargo: $m_{\text{MS}} = 0.20 M$ 
  • Massa Hauler: $m_{\text{HS}} = M - 0.20 M = 0.80 M$ 
  • Kecepatan relatif antara modul dan Hauler: $v_{\text{rel}} = v_{\text{HS}} - v_{\text{MS}} = 500 \text{ km/jam}$
Dari persamaan kecepatan relatif, kita dapat menyatakan kecepatan modul kargo ($v_{\text{MS}}$) dalam kecepatan Hauler ($v_{\text{HS}}$):

$$v_{\text{MS}} = v_{\text{HS}} - v_{\text{rel}}$$
$$v_{\text{MS}} = v_{\text{HS}} - 500 \text{ km/jam} \quad (1)$$

2. Penerapan Kekekalan Momentum

Karena pemisahan terjadi karena gaya internal (ledakan kecil) dan sistem berada di ruang angkasa (mengabaikan gaya eksternal), momentum total sistem harus kekal.

$$\vec{P}_{\text{awal}} = \vec{P}_{\text{akhir}}$$

Dalam arah $x$:

$$M v_i = m_{\text{MS}} v_{\text{MS}} + m_{\text{HS}} v_{\text{HS}}$$

3. Substitusi dan Penyelesaian

Substitusikan nilai massa ($m_{\text{MS}}$ dan $m_{\text{HS}}$) dan Persamaan (1) ke dalam persamaan kekekalan momentum:

$$M (2100) = (0.20 M) v_{\text{MS}} + (0.80 M) v_{\text{HS}}$$

Bagi semua suku dengan $M$:
$$2100 = 0.20 v_{\text{MS}} + 0.80 v_{\text{HS}}$$

Substitusikan $v_{\text{MS}} = v_{\text{HS}} - 500$:
$$2100 = 0.20 (v_{\text{HS}} - 500) + 0.80 v_{\text{HS}}$$

Sebarkan $0.20$:
$$2100 = 0.20 v_{\text{HS}} - 0.20(500) + 0.80 v_{\text{HS}}$$
$$2100 = 0.20 v_{\text{HS}} - 100 + 0.80 v_{\text{HS}}$$

Gabungkan suku $v_{\text{HS}}$:
$$2100 = (0.20 + 0.80) v_{\text{HS}} - 100$$
$$2100 = 1.00 v_{\text{HS}} - 100$$

Selesaikan untuk $v_{\text{HS}}$:
$$v_{\text{HS}} = 2100 + 100$$
$$v_{\text{HS}} = 2200 \text{ km/jam}$$

Untuk melengkapi perhitungan, kecepatan modul kargo ($v_{\text{MS}}$) adalah:
$$v_{\text{MS}} = v_{\text{HS}} - 500 \text{ km/jam}$$
$$v_{\text{MS}} = 2200 \text{ km/jam} - 500 \text{ km/jam}$$
$$v_{\text{MS}} = 1700 \text{ km/jam}$$

Momentum dan Energi Kinetik pada Tumbukan

Energi kinetik total dari sistem dua benda yang bertabrakan. Energi kinetik sistem total itu tidak berubah oleh tumbukan (sama sebelum dan sesudah tumbukan). Tumbukan seperti ini disebut tumbukan elastis. Terdapat perubahan energi kinetik ke energi termal atau suara (tumbukan inelastis).

Elastis

  • Misalnya jika bola dijatuhkan ke tanah yang elastis 
  • Bola tidak akan kehilangan energi kinetic karena bola akan memantul.

Inelastis

  • Energi kinetik berubah secara penuh dalam bentuk energi lain. 
  • (tidak ada energi kinetik lagi) -> completely inelastic collision

Tumbukan Inelastis pada 1 Dimensi



Konservasi Momentum Linier

$$ (\text{total momentum } \vec{P}_i \text{ before the collision}) = (\text{total momentum } \vec{P}_f \text{ after the collision}). $$
$$ \vec{p}_{1i} + \vec{p}_{2i} = \vec{p}_{1f} + \vec{p}_{2f} \quad (\text{conservation of linear momentum}). $$
$$ m_1\vec{v}_{1i} + m_2\vec{v}_{2i} = m_1\vec{v}_{1f} + m_2\vec{v}_{2f} $$

1 Dimensional Completely Inelastic Collision

Benda 2 sebagai target $v_{2i} = 0

Setelah tumbukan, target dan proyetil menjadi 1 dengan kecepatan V

$$ m_1v_{1i} = (m_1 + m_2)V $$
$$ V = \frac{m_1}{m_1 + m_2} v_{1i}. $$



Kecepatan dari Pusat Massa Benda

  • Pada sistem tertutup / terisolasi, kecepatan $v_com$ dari pusat massa tidak dapat berubah karena tumbukan pada sistem tertutup tidak ada gaya eksternal. 
  • Kita dapat menghubungkan $v_com$ → linier momentum P dari sistem 2 obyek.
  • Total momentum linier P dari 2 benda:
$$ \vec{P} = \vec{p}_{1i} + \vec{p}_{2i}. $$
$$ \vec{P} = M\vec{v}_{\text{com}} = (m_1 + m_2)\vec{v}_{\text{com}}. $$
$$ \vec{v}_{\text{com}} = \frac{\vec{P}}{m_1 + m_2} = \frac{\vec{p}_{1i} + \vec{p}_{2i}}{m_1 + m_2}. $$

Contoh Soal

Berikut adalah contoh teknik umum dalam fisika. Kami memiliki demonstrasi yang tidak dapat dikerjakan secara keseluruhan (kami tidak memiliki persamaan yang dapat dikerjakan untuknya). Jadi, kami memecahnya menjadi beberapa langkah yang dapat dikerjakan secara terpisah (kami memiliki persamaan untuk langkah-langkah tersebut). Pendulum balistik digunakan untuk mengukur kecepatan peluru sebelum perangkat pengatur waktu elektronik dikembangkan. Versi yang ditunjukkan pada Gambar 9-17 terdiri dari balok kayu besar bermassa M = 5,4 kg, yang digantung pada dua tali panjang. Sebuah peluru bermassa m = 9,5 g ditembakkan ke balok, dan dengan cepat berhenti. Balok & peluru kemudian berayun ke atas, pusat massanya naik pada jarak vertikal h = 6,3 cm sebelum bandul berhenti sejenak di ujung busurnya. Berapa kecepatan peluru sesaat sebelum tumbukan?



1. Tumbukan (Kekekalan Momentum)

Peristiwa pertama adalah tumbukan inelastis sempurna antara peluru dan balok, yang terjadi dalam waktu yang sangat singkat. Selama tumbukan ini, momentum linier sistem peluru-balok dipertahankan karena tidak ada gaya eksternal horizontal yang signifikan.

Data Tumbukan

  • Massa peluru: $m = 9.5 \text{ g} = 0.0095 \text{ kg}$
  • Massa balok: $M = 5.4 \text{ kg}$
  • Kecepatan awal peluru: $v$ (yang dicari)
  • Kecepatan awal balok: $0$
  • Kecepatan gabungan peluru-balok setelah tumbukan: $V$
Persamaan Momentum

$$p_{\text{awal}} = p_{\text{akhir}}$$
$$m v + M (0) = (m + M) V$$
$$m v = (m + M) V \quad (1)$$

Kita perlu menemukan $V$ dari langkah kedua untuk menyelesaikan $v$.

2. Mengayun ke Atas (Kekekalan Energi)

Peristiwa kedua adalah sistem gabungan (peluru dan balok) berayun ke atas dan mengubah energi kinetik yang diperoleh ($K$) menjadi energi potensial gravitasi ($U$). Selama pergerakan ini, energi mekanik dipertahankan.

Data Energi

  • Massa sistem: $m_{\text{sistem}} = m + M$
  • Kecepatan awal (sesaat setelah tumbukan): $V$
  • Kecepatan akhir (di ketinggian maksimum): $0$
  • Kenaikan ketinggian pusat massa: $h = 6.3 \text{ cm} = 0.063 \text{ m}$
  • Percepatan gravitasi: $g \approx 9.8 \text{ m/s}^2$
Persamaan Energi
$$E_{\text{awal}} = E_{\text{akhir}}$$
$$K_{\text{awal}} + U_{\text{awal}} = K_{\text{akhir}} + U_{\text{akhir}}$$

Jika kita menetapkan ketinggian awal ($h=0$) sebagai referensi energi potensial:
$$\frac{1}{2} (m+M) V^2 + 0 = 0 + (m+M) g h$$

Suku $(m+M)$ saling meniadakan:
$$\frac{1}{2} V^2 = g h$$

Selesaikan untuk $V$:
$$V = \sqrt{2 g h} \quad (2)$$

Hitung Kecepatan Gabungan ($V$):
Substitusikan nilai $g$ dan $h$ ke dalam Persamaan (2):
$$E_{\text{awal}} = E_{\text{akhir}}$$
$$K_{\text{awal}} + U_{\text{awal}} = K_{\text{akhir}} + U_{\text{akhir}}$$

3. Menghitung Kecepatan Peluru ($v$)

Sekarang kita substitusikan nilai $V$ kembali ke Persamaan (1) dari langkah momentum.
$$m v = (m + M) V$$

Selesaikan untuk $v$:
$$v = \frac{m + M}{m} V$$

Substitusi Nilai:
$m = 0.0095 \text{ kg}$
$M = 5.4 \text{ kg}$
$V \approx 1.1112 \text{ m/s}$

$$v = \frac{0.0095 \text{ kg} + 5.4 \text{ kg}}{0.0095 \text{ kg}} (1.1112 \text{ m/s})$$
$$v = \frac{5.4095}{0.0095} (1.1112 \text{ m/s})$$
$$v \approx 569.42 \times 1.1112 \text{ m/s}$$
$$v \approx 632.7 \text{ m/s}$$

Tumbukan Elastis pada 1 Dimensi

Tumbukan sehari-hari inelastic tetapi kita dapat memperkirakan beberapa diantaranya sebagai tumbukan elastis; yaitu, kita dapat memperkirakan bahwa energi kinetik total dari benda yang bertabrakan adalah kekal dan tidak ditransfer ke bentuk energi lain:

$$ (\text{total kinetic energy before the collision}) = (\text{total kinetic energy after the collision}). $$

Tumbukan pada Target yang Diam


Diasumsikan 2 benda berada pada sistem tertutup dan terisolasi.
  • Momentum linier (tetap) : $$m_1 v_{1i} = m_1 v_{1f} + m_2 v_{2f}$$
  • Tumbukan elastis $\rightarrow$ energi kinetik: $$\frac{1}{2} m_1 v_{1i}^2 = \frac{1}{2} m_1 v_{1f}^2 + \frac{1}{2} m_2 v_{2f}^2 \text{ (kinetic energy).}$$
$$m_1 v_{1i} = m_1 v_{1f} + m_2 v_{2f} \implies m_1 (v_{1i} - v_{1f}) = m_2 v_{2f}$$
$$\frac{1}{2} m_1 v_{1i}^2 = \frac{1}{2} m_1 v_{1f}^2 + \frac{1}{2} m_2 v_{2f}^2 \text{ (kinetic energy).} \implies m_1 (v_{1i} - v_{1f})(v_{1i} + v_{1f}) = m_2 v_{2f}^2$$

$$v_{1f} = \frac{m_1 - m_2}{m_1 + m_2} v_{1i}$$
$$v_{2f} = \frac{2m_1}{m_1 + m_2} v_{1i}$$

$v_{2f}$ selalu positif (benda target yang awalnya diam dengan massa $m_2$ selalu bergerak maju). $m_1$ bergerak maju ketika $m_1 > m_2$ dan berbalik jika $m_1$ < $m_2$)

Bagaimana jika?
  • Massa sama ($m_1=m_2$)
  • Massa target jauh lebih besar ($m_1 << m_2$)
  • Massa proyektil jauh lebih besar ($m_1>> m_2$)
$$v_{1f} = 0 \quad \text{and} \quad v_{2f} = v_{1i},$$
$$v_{1f} \approx -v_{1i} \quad \text{and} \quad v_{2f} \approx \left(\frac{2m_1}{m_2}\right) v_{1i}.$$
$$v_{1f} \approx v_{1i} \quad \text{and} \quad v_{2f} \approx 2v_{1i}.$$

Tumbukan pada Target yang Bergerak
  • Hukum Konservasi Momentum Linier:
$$m_1 v_{1i} + m_2 v_{2i} = m_1 v_{1f} + m_2 v_{2f} \implies m_1 (v_{1i} - v_{1f}) = -m_2 (v_{2i} - v_{2f}).$$
  • Hukum konsenvasi energi kinetik:
$$\frac{1}{2} m_1 v_{1i}^2 + \frac{1}{2} m_2 v_{2i}^2 = \frac{1}{2} m_1 v_{1f}^2 + \frac{1}{2} m_2 v_{2f}^2 \implies m_1 (v_{1i} - v_{1f})(v_{1i} + v_{1f}) = -m_2 (v_{2i} - v_{2f})(v_{2i} + v_{2f}).$$

$$v_{1f} = \frac{m_1 - m_2}{m_1 + m_2} v_{1i} + \frac{2m_2}{m_1 + m_2} v_{2i}$$ $$v_{2f} = \frac{2m_1}{m_1 + m_2} v_{1i} + \frac{m_2 - m_1}{m_1 + m_2} v_{2i}.$$ 

Contoh Soal

Pada Gambar 9-20a, blok 1 mendekati garis dua balok diam dengan kecepatan $v_{1i}$ = 10 m/s.
Itu bertabrakan dengan blok 2, yang kemudian bertabrakan dengan balok 3 yang massanya $m_3$ = 6,0 kg. Setelah tumbukan kedua, balok 2 kembali diam dan balok 3 mempunyai kecepatan $v_{3f}$= 5,0 m/s. Asumsikan itu tumbukan tersebut bersifat lenting.
  • Berapakah massa balok 1 dan 2?
  • Berapa kecepatan akhir $v_{1f}$ balok 1?




Soal ini melibatkan dua kali tumbukan lenting (elastis) berturut-turut di mana momentum dan energi kinetik total sistem dipertahankan pada setiap tumbukan.

Kita akan menggunakan prinsip Kekekalan Momentum dan Kekekalan Energi Kinetik untuk setiap tumbukan.

Data yang Diketahui:

  • Kecepatan awal balok 1: $v_{1i} = +10 \text{ m/s}$
  • Kecepatan awal balok 2: $v_{2i} = 0$
  • Kecepatan awal balok 3: $v_{3i} = 0$
  • Kecepatan akhir balok 2 (setelah tumbukan kedua): $v_{2f}' = 0$ (berhenti)
  • Kecepatan akhir balok 3: $v_{3f} = +5.0 \text{ m/s}$
  • Massa balok 3: $m_3 = 6.0 \text{ kg}$
Kita akan membagi masalah menjadi dua tumbukan.

1. Analisis Tumbukan Kedua ($m_2$ dengan $m_3$)

Tumbukan terjadi antara balok 2 dan balok 3. Karena balok 3 awalnya diam, balok 2 harus bergerak dengan kecepatan tertentu ($v_{2i}'$) untuk memulai tumbukan.



a. Kekekalan Momentum (Tumbukan 2)

$$m_2 v_{2i}' + m_3 v_{3i} = m_2 v_{2f}' + m_3 v_{3f}$$
$$m_2 v_{2i}' + 0 = m_2 (0) + (6.0 \text{ kg}) (5.0 \text{ m/s})$$
$$m_2 v_{2i}' = 30.0 \text{ kg}\cdot\text{m/s} \quad (1)$$

b. Kekekalan Energi Kinetik (Tumbukan 2)

Karena tumbukan lenting, kecepatan relatif dipertahankan:

$$v_{2i}' - v_{3i} = -(v_{2f}' - v_{3f})$$
$$v_{2i}' - 0 = - (0 - 5.0 \text{ m/s})$$
$$v_{2i}' = +5.0 \text{ m/s} \quad (2)$$

c. Menghitung Massa Balok 2 ($m_2$)

Substitusikan Persamaan (2) ke dalam Persamaan (1):

$$m_2 (5.0 \text{ m/s}) = 30.0 \text{ kg}\cdot\text{m/s}$$
$$m_2 = \frac{30.0 \text{ kg}\cdot\text{m/s}}{5.0 \text{ m/s}}$$
$$\mathbf{m_2 = 6.0 \text{ kg}}$$

2. Analisis Tumbukan Pertama ($m_1$ dengan $m_2$)

Tumbukan terjadi antara balok 1 dan balok 2. Kecepatan akhir balok 2 dari tumbukan ini adalah kecepatan awal untuk tumbukan kedua, yaitu $v_{2f} = v_{2i}' = +5.0 \text{ m/s}$.


a. Kekekalan Momentum (Tumbukan 1)

$$m_1 v_{1i} + m_2 v_{2i} = m_1 v_{1f} + m_2 v_{2f}$$
$$m_1 (10) + (6.0) (0) = m_1 v_{1f} + (6.0) (5.0)$$
$$10 m_1 = m_1 v_{1f} + 30.0 \quad (3)$$

b. Kekekalan Energi Kinetik (Tumbukan 1)

Karena tumbukan lenting, kecepatan relatif dipertahankan:

$$v_{1i} - v_{2i} = -(v_{1f} - v_{2f})$$
$$10 - 0 = - (v_{1f} - 5.0)$$
$$10 = -v_{1f} + 5.0$$
$$v_{1f} = 5.0 - 10$$
$$\mathbf{v_{1f} = -5.0 \text{ m/s}} \quad (4)$$

c. Menghitung Massa Balok 1 ($m_1$)

Substitusikan Persamaan (4) ke dalam Persamaan (3):

$$10 m_1 = m_1 (-5.0) + 30.0$$
$$10 m_1 + 5.0 m_1 = 30.0$$
$$15.0 m_1 = 30.0$$
$$m_1 = \frac{30.0}{15.0}$$
$$\mathbf{m_1 = 2.0 \text{ kg}}$$

Tumbukan pada 2 Dimensi


  • Impuls di antara mereka menentukan arah
  • Tumbukan 2 dimensi dalam sistem tertutup → konservasi momentum linier : $$\vec{P}_{1i} + \vec{P}_{2i} = \vec{P}_{1f} + \vec{P}_{2f}.$$
  • Jika tumbukan elastis, konservasi energi kinetic : $$K_{1i} + K_{2i} = K_{1f} + K_{2f}.$$ $$\vec{P}_{1i} + \vec{P}_{2i} = \vec{P}_{1f} + \vec{P}_{2f}.$$
  • Sumbu $x$ : $$m_1 v_{1i} = m_1 v_{1f} \cos \theta_1 + m_2 v_{2f} \cos \theta_2.$$
  • Sumbu $y$ : $$0 = -m_1 v_{1f} \sin \theta_1 + m_2 v_{2f} \sin \theta_2.$$
  • Tumbukan elastis : $$\frac{1}{2}m_1 v_{1i}^2 = \frac{1}{2}m_1 v_{1f}^2 + \frac{1}{2}m_2 v_{2f}^2 \text{ (kinetic energy).}$$

Sistem dengan Variasi Massa: Roket

  • Pada roket, total massa akan berkurang karena bahan bakar yang digunakan
  • Variasi massa roket saat roket berakselerasi menerapkan hukum kedua Newton

Menentukan Akselerasi


Asumsi
  • Tidak ada drag force
  • Dalam 1 dimensi
Kecepatan $v + dv$
Massa $M + dM$
Penurunan massa $–dM$ (exhaust)
Kecepatan $U$ ( kecepatan relatif terhadap inersia)
  • M : massa
  • v : kecepatan
Konservasi Momentum:

Sistem Tertutup

$$\mathbf{P}_{\text{i}} = \mathbf{P}_{\text{f}}$$
$$Mv = -dM U + (M + dM)(v + dv)$$

Kecepatan relatif:

$$(\text{velocity of rocket relative to frame}) = (\text{velocity of rocket relative to products}) + (\text{velocity of products relative to frame})$$

$$(v + dv) = v_{\text{rel}} + U$$
$$U = v + dv - v_{\text{rel}}.$$
$$Mv = -dM\, U + (M + dM)(v + dv),$$
$$-dM\, v_{\text{rel}} = M\, dv$$
$$-\frac{dM}{dt} v_{\text{rel}} = M \frac{dv}{dt}.$$
$$\frac{dM}{dt} = -R$$$$

R = laju massa konsumsi bahan bakar

$$Rv_{\text{rel}} = Ma \quad (\text{first rocket equation}).$$
Thrust (T)

Menentukan Kecepatan

$$-dM\, v_{\text{rel}} = M\, dv.$$
$$dv = -v_{\text{rel}} \frac{dM}{M}.$$
$$\int_{v_i}^{v_f} dv = -v_{\text{rel}} \int_{M_i}^{M_f} \frac{dM}{M},$$
$$v_f - v_i = v_{\text{rel}} \ln \frac{M_i}{M_f} \quad (\text{second rocket equation})$$

Contoh Soal

Sebuah roket yang massa awalnya $M_i$ adalah 850 kg mengkonsumsi bahan bakar dengan laju R =
2,3kg/detik. Kecepatan $v_{rel}$ gas buang relatif terhadap mesin roket adalah 2800 Ms.
  • Berapakah daya dorong yang dimiliki mesin roket tersebut menyediakan?
  • Berapakah percepatan awal dari roketnya?
Data yang Diketahui

  • Massa awal roket: $M_i = 850 \text{ kg}$
  • Laju konsumsi bahan bakar (laju massa): $R = |dM/dt| = 2.3 \text{ kg/detik}$
  • Kecepatan relatif gas buang: $v_{\text{rel}} = 2800 \text{ m/s}$
  • Percepatan gravitasi (di permukaan bumi, untuk percepatan awal): $g \approx 9.8 \text{ m/s}^2$
1. Daya Dorong (Thrust, $T$)

Daya dorong ($T$) yang diberikan oleh mesin roket didefinisikan sebagai laju perubahan momentum gas buang, yang bergantung pada laju massa bahan bakar yang dikeluarkan ($R$) dan kecepatan relatif gas buang ($v_{\text{rel}}$).

$$T = R \cdot v_{\text{rel}}$$

Perhitungan

Substitusikan nilai yang diketahui:

$$T = (2.3 \text{ kg/dtk}) \cdot (2800 \text{ m/s})$$
$$T = 6440 \text{ N}$$

2. Percepatan Awal ($a_i$)

Percepatan awal roket ($a_i$) dihitung menggunakan Hukum Kedua Newton, dengan mempertimbangkan gaya dorong ($T$) yang bekerja ke atas dan gaya gravitasi ($W_i$) yang bekerja ke bawah.

$$\Sigma F = M_i a_i$$
$$T - W_i = M_i a_i$$
$$T - M_i g = M_i a_i$$

Perhitungan

Kita susun ulang persamaan untuk mencari $a_i$:
$$a_i = \frac{T - M_i g}{M_i}$$
$$a_i = \frac{T}{M_i} - g$$

Hitung gaya gravitasi awal ($W_i$):
$$W_i = M_i g = (850 \text{ kg}) \cdot (9.8 \text{ m/s}^2)$$
$$W_i = 8330 \text{ N}$$

Substitusikan nilai $T$ dan $W_i$:
$$a_i = \frac{6440 \text{ N} - 8330 \text{ N}}{850 \text{ kg}}$$
$$a_i = \frac{-1890 \text{ N}}{850 \text{ kg}}$$
$$a_i \approx -2.22 \text{ m/s}^2$$

Interpretasi Hasil

Karena percepatan awal $a_i$ bernilai negatif, ini berarti bahwa pada saat peluncuran (massa $M_i$ penuh), gaya dorong ($T = 6440 \text{ N}$) lebih kecil daripada gaya gravitasi ($W_i = 8330 \text{ N}$).

Ini berarti roket tidak dapat lepas landas (percepatan awalnya mengarah ke bawah).

Percepatan awal dari roket tersebut adalah $-2.22 \text{ m/s}^2$ (ke bawah).

nuubniboss
nuubniboss Menyukai Hal Hal yang Berbau Sains dan Teknologi

Posting Komentar untuk "Momentum Linear"