Penjelasan Emblem di Mobile Legends Bang Bang
Emblem adalah salah satu sistem dalam Mobile Legends: Bang Bang yang memberikan bonus statistik tetap dan kemampuan khusus pada hero yang kamu gunakan. Sistem ini sangat penting karena memungkinkan pemain untuk menyesuaikan dan meningkatkan performa hero sesuai dengan gaya bermain, peran, dan kebutuhan dalam pertandingan.
Emblem berperan sebagai tambahan kekuatan hero selain dari item, Skill, dan Battle Spell.
Memilih dan mengatur Emblem yang tepat sering kali menjadi faktor penting dalam menentukan apakah hero tersebut efektif atau tidak, terutama di level permainan yang lebih tinggi.
Pentingnya Emblem
Personalisasi Kekuatan Hero: Emblem memungkinkan Anda mengatasi kelemahan hero atau memaksimalkan keunggulannya.
Penyesuaian Meta: Anda bisa menyesuaikan pengaturan Emblem berdasarkan meta (keadaan permainan saat ini), komposisi tim lawan, atau item yang akan Anda beli.
Core Talent yang Mengubah Gaya Bermain: Core Talent memiliki efek game-changer.
Statistik Tahap Awal: Peningkatan statistik dari Emblem sudah aktif sejak awal permainan. Ini sangat penting untuk memenangkan early game dan mengamankan keunggulan di lane.
Struktural Emblem MLBB
Sistem Emblem di MLBB telah mengalami Rework (perombakan) besar pada tahun 2023. Sebelumnya ada 9 jenis Emblem, kini disederhanakan dan diubah menjadi sistem yang lebih fleksibel dan fokus pada jenis statistik dasar.
Setiap set Emblem terdiri dari tiga bagian utama yang dapat kamu sesuaikan:
Statistik Dasar: Memberikan peningkatan statistik dasar seperti Adaptive Attack, Adaptive Penetration, Movement Speed, HP, Cooldown Reduction, dan lain-lain. Peningkatan ini didapatkan dari menaikkan level Emblem.
Talent Tier 1 (Tingkat 1): Kamu dapat memilih satu dari delapan pilihan pada Talent Tier 1. Talent ini biasanya memberikan peningkatan statistik minor atau efek utility kecil (misalnya Attack Speed atau Movement Speed).
Talent Tier 2 (Tingkat 2): Kamu dapat memilih satu dari delapan pilihan pada Talent Tier 2. Talent ini memberikan peningkatan statistik yang lebih signifikan atau efek yang berhubungan dengan mekanisme permainan (misalnya, peningkatan damage atau Spell Vamp).
Core Talent (Tingkat 3): Anda dapat memilih satu dari sepuluh pilihan Core Talent. Ini adalah Talent utama yang memberikan efek paling kuat dan unik, sering kali mendefinisikan cara hero kamu dimainkan (misalnya, bonus damage, efek pemulihan, atau pengurangan cooldown).
Klasifikasi Emblem MLBB
1. Basic Common Emblem
Statistik Dasar:
- +12 Hybrid Regen
- +275 HP
- +22 Adaptive Attack
Talent Dasar:
- Thrill [I]: Memperoleh 16 Adaptive Attack tambahan
- Swift [I]: Memperoleh 10% Attack Speed tambahan
- Wilderness Blessing [II]: Meningkatkan 10% Movement Speed di area Jungle dan Sungai. Bonus ini berkurang setengahnya ketika bertarung dengan hero lawan, Lord atau Turtle. (Movement Speed Tambahan di area Jungle dan Sungai).
- Seasoned Hunter [II]: Damage terhadap Lord dan Turtle meningkat sebesar 15%. Bonus ini menjadi setengah terhadap Creep biasa dan tidak memengaruhi Damage Retribution (Meningkatkan Kecepatan Jungle).
- Impure Rage [III]: Memberikan Damage dengan Skill akan memberikan Adaptive Damage tambahan sebesar 4% Max HP target dan memulihkan 2% Mana. Jika hero tidak menggunakan Mana, maka akan memulihkan 1% HP sebagai gantinya. Memberikan hingga 120 Adaptive Damage tambahan ke unit non-hero. Cooldown: 5 detik. (Damage Skill Tambahan & Memulihkan Mana Saat Mengenai Target).
- Quantum Charge [III]: Memberikan Damage dengan Basic Attack akan meningkatkan 30% Movement Speed selama 1.5 detik dan memulihkan 75-180 HP (berskala dengan level). Cooldown: 10 detik (Basic Attack Memberikan HP Regen & Movement Speed).
- War Cry [III]: Setelah setiap 3 kali Basic Attack atau Skill yang terpisah mengenai hero lawan, semua Damage yang diberikan meningkat 8% selama 6 detik. Basic Attack atau Skill tunggal yang memberikan Damage berkali-kali hanya dihitung sebanyak 1. Cooldown: 6 detik. (Meningkatkan Damage Berkelanjutan).
- Temporal Reign [III]: Penggunaan Ultimate selanjutnya akan mengurangi sisa cooldown dari Skill aktif lainnya sebanyak 1.5 kali dalam 4 detik. Efek ini diperpanjang 2 detik setelah mendapatkan Kill atau Assist pada hero. Efek ini hanya berlaku untuk hero itu sendiri. Cooldown: 20 detik. (Pengurangan Cooldown Skill Non-Ultimate).
2. Custom Tank Emblem
Statistik Dasar:
- +500 HP
- +10 Hybrid Defense
- +4 HP Regeb
Talent Dasar:
- Vitality [I]: Memperoleh 225 Max HP tambahan
- Tenacity [II]: Saat HP di bawah 50%, Damage Reduction meningkat 5% (Meningkatkan Defense saat HP Rendah).
- Concussive Blast [III]: Setelah Basic Attack berikutnya, memberikan 100 (+7% Total HP) Magic Damage ke lawan di sekitar. Cooldown: 15 detik. (Damage Area Efek Berdasarkan HP)
3. Custom Assassin Emblem
Statistik Dasar:
- +14 Adaptive Penetration
- +10 Adaptive Attack
- +3% Movement Speed
Talent Dasar:
- Rupture [I]: Memperoleh 5 Adaptive Penetration. Memperoleh Physical Penetration jika Physical Attack tambahan lebih tinggi dari Magic Power tambahan: jika sebaliknya, memperoleh Magic Penetration.
- Master Assassin [II]: Ketika hanya terdapat satu hero lawan di sekitar, Damage yang diberikan meningkat sebesar 7% (Meningkatkan Damage ke Hero yang Sendirian).
- Killing Spree [III]: Ketika memberikan Damage ke hero dengan HP kurang dari 30%, akan langsung memulihkan 15% HP yang hilang dan mendapatkan 20% Movement Speed. Efek Tambahan: Cooldown direset setelah mengeliminasi hero lawan. Durasi: 3 detik. Cooldown: 30 detik. (Memulihkan HP dan Meningkatkan Movement Speed Setelah Memberikan Damage).
4. Custom Mage Emblem
Statistik Dasar:
- +30 Magic Power
- +5% Cooldown Reduction
- +8 Magic Penetration
Talent Dasar:
- Inspire [I]: Cooldown Reduction meningkat 5% dan Mana Regen meningkat 2.
- Bargain Hunter [II]: Equipment dapat dibeli 95% dari harganya. (Mengurangi Harga Equipment).
- Lethal Ignition [III]: Memberikan Damage lebih besar dari 7% Max HP hero lawan sebanyak 3 kali dalam 5 detik akan membakar target dengan 162-750 Adaptive Damage tambahan (berskala dengan level). Cooldown: 15 detik. (Damage Tambahan pada Multi Hit).
5. Custom Fighter Emblem
Statistik Dasar:
- +12% Spell Vamp
- +22 Adaptive Attack
- +8 Hybrid Defense
Talent Dasar:
- Firmness [I]: Memperoleh 8 Physical & Magic Defense tambahan
- Festival of Blood [II]: Memperoleh 6% Spell Vamp. Mengeliminasi atau memperoleh Assist memberikan 0.5% Spell Vamp tambahan, hingga 12 stack. (Mendapatkan Spell Vamp Tambahan).
- Brave Smite [III]: Memberikan Damage dari Skill ke Hero lawan memulihkan 5% Max HP. (Damage Skill memulihkan HP).
6. Custom Support Emblem
Statistik Dasar:
- +12% Healing Effect
- +10% Cooldown Reduction
- +6% Movement Speed
Talent Dasar:
- Agility [I]: Memperoleh 4% Movement Speed tambahan
- Pull Yourself Together [II]: Cooldown Battle Spell dan Skill aktif Equipment berkurang 12%. Setiap Kill atau Assist akan memberikan 1% pengurangan tambahan, hingga 8 stack. (Mengurangi Cooldown Battle Spell & Equipment Aktif).
- Focusing Mark: Setelah memberikan Damage ke hero lawan, hero rekan akan memberikan 6% Damage lebih besar ke mereka dan mendapatkan 10% Movement Speed. Durasi: 3 detik. Cooldown: 4 detik. (Memperkuat Damage Rekan Tim).
7. Custom Marksman Emblem
Statistik Dasar:
- +15% Attack Speed
- +16 Adaptive Attack
- +5% Lifesteal
Talent Dasar:
- Fatal [I]: Memperoleh 5% Critical Chance tambahan dan 5% Critical Damage tambahan
- Weapons Master [II]: Physical Attack dan Magic Power yang diperoleh dari Equipment, Emblem, Talent, dan Skill meningkat sebesar 8%. (Bonus Attack Tambahan).
- Weakness Finder: Basic Attack menyebabkan 50% Slow ke lawan dan mengurangi 30% Attack Speed mereka. Durasi: 1 detik. Cooldown: 10 detik (setiap Basic Attack mengurangi Cooldown sebanyak 1 detik, berkurang hingga 3 detik). (Basic Attack Menyebabkan Slow).
Ringkasan Penjelasan Emblem
| Tipe Emblem | Fokus Utama Statistik | Role Hero Khas |
|---|---|---|
| Common Emblem | Hybrid Regen, HP, Adaptive Attack | Untuk pemain baru, atau hero yang butuh kesetimbangan |
| Tank Emblem | HP, Hybrid Defense, HP Regen | Tank, Fighter yang tebal |
| Assassin Emblem | Adaptive Penetration, Adaptive Attack, Movement Speed | Assassin, Marksman, Fighter Burst Damage |
| Mage Emblem | Magic Power, Cooldown Reduction, Magic Penetration | Mage, Support dengan damage magic |
| Fighter Emblem | Spell Vamp, Adaptive Attack, Hybrid Defense | Fighter, Hero yang mengandalkan Skill Damage |
| Support Emblem | Healing Effect, Cooldown Reduction, Movement Speed | Support, Tank-Support, hero yang mengandalkan Utility |
| Marksman Emblem | Attack Speed, Adaptive Attack, Lifesteal | Marksman, Hero Attack Speed |
Emblem di MLBB adalah fitur sebelum pertandingan yang memberi bonus statistik dasar dan tiga tingkat Talent khusus yang bisa diatur sesuai keinginan. Tujuannya adalah untuk memperbaiki performa hero dan disesuaikan dengan strategi permainan. Pemahaman yang baik tentang sistem Emblem dan Talent merupakan kunci untuk mencapai tingkat terbaik dari hero yang kamu gunakan.
Simak berita seputar Mobile Legends di SainsTekno. Cari tahu berita terbaru seputar Sains dan Teknologi di SainsTekno.
Baca artikel menarik lainnya seputar SainsTekno di Google News.
Posting Komentar untuk "Penjelasan Emblem di Mobile Legends Bang Bang"